Skip to main content

Mendapatkan Kreatifitas yang Selalu Mengalir

Motivasi Mindset - Pikiran kreatif kita akan mengalir bebas selama mengerjakan tugas apapun ketika pikiran lebih mudah untuk mengembara, kata Jonathan Schooler, PhD, seorang profesor psikologi di UC Santa Barbara dan salah satu penulis studi tersebut. Dengan kata lain, inilah yang menjelaskan mengapa anda memiliki ide-ide terbaik ketika berada di kamar mandi – karena aktivitas yang tepat akan membuat pikiran anda untuk terus dan terus berpikir.

Berikut adalah sembilan cara untuk mendapatkan kreativitas anda mengalir.

1. Ambil istirahat.

Tapi bukan sembarang istirahat: Istirahat yang mempengaruhi kreativitas meliputi kegiatan yang memerlukan cukup gerak – namun justru tidak terlalu mengasyikkan seperti berjalan-jalan atau berkebun, kata Schooler.

2. Tidur sebentar.

Tidak ada yang dapat mencegah krisis di siang hari dengan ucapan “Saya bosaaan”, dan hal yang sama juga bisa menimpa anda. “Orang-orang

lebih produktif dan kreatif setelah tidur siang,” kata Schooler. Tidur sebentar dapat membantu anda menyelesaikan masalah dimana anda tidak bisa melakukannya ketika terjaga. Mengapa? Karena pikiran anda bisa berjalan liar ketika anda bermimpi. Namun tentu saja bagi anda yang bekerja di kantor, harus memiliki trik-trik khusus agar anda dapat melakukan aktivitas ini.

3. Meditasi

Jika anda tidak punya waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menenangkan pikiran anda. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas anda,” kata Schooler.

4. Buat sedikit kebisingan

Diam justru dapat “memekakkan” telinga. Menurut penelitian terbaru, dikatakan bahwa bekerja di lingkungan yang cukup bising membantu orang menjadi lebih produktif dan kreatif. Tingkat kebisingan yang optimal cocok dengan sebuah kedai kopi, tetapi jika anda tidak bisa bekerja di dalam Starbucks, pergilah ke kantin kantor anda atau sekedar membuka pintu ruang kerja anda. Kuncinya adalah membiarkan otak anda mendapat masukan dari ketidakpastian yang ada di sekitar anda.

5. Go green

Melihat benda-benda hijau akan meningkatkan pikiran yang kreatif, begitu kata sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini. Otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan pertumbuhan, yang memacu inovasi. Yang diperlukan hanyalah dua detik untuk melihat sesuatu yang hijau, jadi lanjutkanlah menatap tanaman.

6. Maksimalkan berkendara anda

Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan anda atau toko serba ada langganan anda. Merubah rute berkendara anda menuju suatu lokasi akan membantu meningkatkan kreativitas anda, terutama jika anda terbiasa mengambil jalan besar yang cenderung membosankan, kata Schooler.

7. Log out

Bermain facebook atau game komputer tidak akan membuat otak menjadi lebih kreatif. “Banyak situs hiburan mungkin akan cukup menarik,” kata Schooler. Di banding melakukan hal tersebut, sebaliknya lakukanlah doodling (menggambar sambil melamun atau sambil bercakap-cakap atau sambil memikirkan sesuatu).

8. Bermimpi kecil

Tutup mata anda dan bayangkan masa depan anda. Apa yang anda lihat? Nah, akan lebih kreatif jika anda terus seperti ini. “Ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna,” kata Schooler. Tapi membayangkan apa yang akan anda makan untuk makan siang anda besok tidak masuk hitungan.

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…