Skip to main content

Cara Meningkatkan Tabungan

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan agar anda dapat meningkatkan jumlah tabungan anda :

1. Tetapkan tujuan

Untuk tujuan jangka pendek, menetapkan tujuan dapat dengan mudah dilakukan. Jika anda hanya ingin membeli sebuah game, yang harus anda lakukan adalah mencari tahu berapa biayanya. Jika anda ingin membeli rumah, hitung jumlah uang muka yang harus anda siapkan.

Untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun, anda harus melakukan perencanaan yang lebih (memperkirakan berapa banyak uang yang anda perlukan untuk hidup nyaman setelah pensiun dan memperkirakan bagaimana investasi dan tabungan anda akan membantu mencapai tujuan anda).

Agar tujuan anda tersebut dapat tercapai, maka kondisi pertama yang harus anda miliki adalah anda tidak memiliki hutang. Jika anda memiliki utang, maka prioritas pertama adalah anda segera melunasi utang-utang anda. Setelah semuanya lunas, uang anda mulai dapat digunakan untuk tabungan.

2. Mengatur jadwal

Sebagai contoh, saya ingin bisa membeli rumah dalam tiga tahun dari sekarang. Tetapkan tanggal untuk pencapaian tujuan jangka pendek tersebut dan pastikan bahwa tujuan dapat dicapai dalam waktu itu. Jika tidak memungkinkan maka anda hanya akan berkecil hati.

3. Tentukan jumlah uang yang akan ditabung

Hitung berapa banyak uang yang akan anda simpan dalam tabungan anda per minggu, per bulan, atau setiap kali anda menerima gaji, untuk mencapai tujuan anda tersebut. Sebaiknya anda menyimpan sejumlah uang yang sama setiap periode. Misalnya, jika anda ingin berangkat haji 3 tahun dari sekarang, katakan saja biayanya 45 juta rupiah, maka anda harus menyimpan sebulannya sebesar Rp. 1.250.000,- . Tapi jika gaji anda sebesar 2 juta per bulan, maka tujuan anda tampaknya tidak realistis, karena idealnya tabungan adalah 30% dari penghasilan anda. Apa yang harus anda lakukan adalah mengubah jadwal agar menghasilkan skenario yang lebih layak.

4. Mencatat pengeluaran

Jumlah uang yang anda tabung adalah selisih antara jumlah penghasilan anda dan jumlah pengeluaran anda. Karena anda memiliki kontrol yang lebih pada jumlah yang anda belanjakan, maka suatu hal yang bijak jika anda melihat secara kritis pengeluaran-pengeluaran anda. Catatlah setiap bulannya dimana anda menghabiskan uang Anda. Jadilah sedetail mungkin dalam persediaan uang anda, termasuk pembelian-pembelian kecil. Kemudian cobalah untuk mengkategorikan jenis biaya. Sebagai contoh: sewa, asuransi mobil, biaya perawatan mobil, tagihan telepon, bensin, makanan, hiburan, dll.

5. Potong pengeluaran pengeluaran anda

Lihatlah kembali pengeluaran anda selama 2 bulan ke belakang. Sangat mengejutkan ketika anda menyadari biaya anda nongkrong di cafe sebesar Rp. 2 juta, tiket parkir Rp. 500 ribu, dsb. Mungkin anda akan menemukan beberapa biaya yang tidak dapat anda pangkas. Berdasarkan jumlah yang perlu dihemat, anda perlu mengambil beberapa keputusan sulit. Buatlah prioritas dan potong pengeluaran-pengeluaran yang membawa dampak paling kecil terhadap kebutuhan anda. Misalnya anda dapat pindah ke apartemen yang lebih murah, mengurangi pemakaian mobil, membatasi penggunaan handphone, makan di rumah, dsb. Hitunglah berapa banyak anda akan menghemat setiap tahunnya dari pemotongan ini.

Popular posts from this blog

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

B. KOMPETENSI INTI
Rumusan Kompetensi inti menggunakan notasi berikut ini.
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang Kompetensi Inti untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV adalah sebagai berikut.
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual denagn cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam gerakan yang mencerminkan …

Fungsi, Tujuan, dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik terpadu

Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi peserta didik.
Tujuan pembelajaran  tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu;
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi muatan pelajaran dalam tema yang sama;
c. memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai muatan pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik;
e. lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain;
f. lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas;
g. guru  d…

Teknik Visualisasi Kreatif yang Benar

Motivasi Mindset - Visualisasi Kreatif adalah magic dalam arti sesungguhnya. Magic adalah memahami dan memposisikan diri selaras dengan prinsip-prinsip alam yang mengatur dan bekerja pada alam semesta, dan belajar untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut dengan cara sadar dan sekreatif mungkin.

Dengan memvisualisasikan kejadian, situasi, atau sebuah benda seperti mobil, rumah, kesehatan, kita menarik mereka kepada kita. Kita melihat apa yang kita inginkan dalam imajinasi dan ini akan terjadi. Ini seperti mimpi atau omong kosong. Tetapi sebenarnya ini adalah proses alami dari kekuatan pikiran (thoughts).

Bagaimana Creative Visualisasi Bekerja

Untuk memahami bagaimana Visualisasi Kreatif bekerja, adalah penting untuk melihat beberapa prinsip yang saling berhubungan:
Alam fisik adalah energi
Energi adalah magnet (energi sejenis akan menarik energi sejenis)
Bentuk fisik (physical energy) mengikuti ide (mental energy)
Apa pun yang kita berikan kepada alam semesta akan kembali kepada kita lagi

Em…