Sunday, May 3, 2015

Cara Merawat Sepeda Motor Bebek

Perawatan motor bebek dengan motor matic itu sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun pada beberapa titik, ada bagian-bagian motor yang harus diperiksa pada motor bebek. Berikut tips perawatan motor bebek Honda, agar selalu mendapatkan performa yang optimal.

Cek Kondisi Oli

Oli mesin sangat berperan untuk performa mesin karena berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, seperti piston, seher, ring seher, kruk as, dan lain-lain. Oleh karena itu jika keberadaan minyak pelumas yang sudah kehitam-hitaman atau tingkat kekentalan oli sudha berkurang, maka sebaiknya diganti.

Cek kondisi Aki

Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang berakibat bias mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Selain itu, baterei accu yang sudah lemah dapat merusak part lain.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai motor bebek kamu terlalu kendur atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gir dan apabila terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai putus. Pada tahap ini juga cek kondisi gir, apabila sudah tajam segera ganti karena dapat memutuskan rantai secara tiba-tiba.

Periksa Kabel Koil dan Busi

Keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi juga perlu diperhatikan. Jika sudah cukup umur dan terlihat ada retakan atau pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti.

Selang Bensin

Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah selang bensin ke karburator. Cek apakah selang bensin motor bebek kesayangan masih lentur atau sudah mengeras. Cek juga apakah terjadi retakan pada titik-titik tertentu, karena bagian dalam selang bias jadi sudah tidak elastis dan menimbulkan serbuk kotor yang akan terbawa ke karburator yang akhirnya menghambat suplai bensin ke mesin.

Panaskan Mesin Paling Lama 5 Menit

Panaskan mesin ketika hendak memakainya. Tidak perlu lama-lama cukup 2-5 menit saja. Cara ini dilakukan untuk menaikan oli di dalam mesin untuk naik dan melumasi bagian dalam mesin yang bergerak.

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...