Sunday, May 3, 2015

Sejarah Reiki Usui

Teori Penyembuhan Holistik Untuk dapat hidup sehat, manusia tidak saja memerlukan makanan & minuman dalam jumlah yang cukup, tetapi juga memerlukan “Ki”. Gangguan pada sirkulasi “Ki” akan menyebabkan gangguan pada “tubuh eterik” yang diikuti fenomena sakit pada tubuh fisik. Penyembuhan holistik bekerja di lapisan tubuh eterik yang secara tidak langsung akan mempengaruhi tubuh fisik. Reiki-Ho adalah suatu sistem esoterik yang dapat memanfaatkan energi Reiki secara optimal untuk berbagai keperluan, antara lain untuk penyembuhan diri sendiri maupun penyembuhan ke orang lain.

Reiki adalah bentuk penyembuhan kuno yang dipercaya telah menyebar melalui Tibet, Cina dan India beberapa ribu tahun yang lalu.

Reiki ditemukan kembali sekitar 120 tahun lalu oleh Dr. Mikao Usui dan berkembang melalui pengalaman dan dedikasinya. Reiki data Jepang ke dunia barat melalui California dan Hawaii. Mikao Usui dilahirkan di sebuah keluarga kaya pada tanggal 15 Agustus 1865 di Kyoto Jepang.

Pada masa kanak di biara Budha Tendai. Dia mengikuti ajaran Budha di seluruh hi dan menjadi orang yang sangat spiritual. Selama belajar di biara Tibet, Dr. Usui menemukan teks manuskrip kuno yang memuat simbol penyembuhan. Dia percaya bahwa symbol penyembuhan pada pemimpin spiritual seperti Yesus dan Budha. Karena tidak seorangpun di dalam biara yang dapat menjelaskan arti simbol-simbol tersebut, dia memutuskan untuk mencari dari dalam dirinya sendiri.

Dia pergi ke puncak Gunung Suci Kurama di Jepang dan menjalankan 21 hari proses pemurnian, puasa dan meditasi yang menghasilkan pencerahan dan kuasa penyembuhan. Dia turun dari gunung dan menghabiskan waktunya mempraktekkan dan mengajarkan apa yang sekarang kita kenal sebagai REIKI. Mikao Usui dimakamkan di Kuil Saihoji di Suginami-ku , Tokyo.

Murid-muridnya mendirikan sebuah tugu peringatan untuk mengenangkan hidup dan karyanya di Reiki. Dari salah satu murid Master Mikao Usui bernama Dr.Chujiro Hayashi, dan dari murid Chujiro Hayashi, yaitu Ny.Hawayo Takata berkebangsaan Amerika pada tahun 1938 membawa Rei Ki ke daratan Amerika Serikat dan mengembangkannya. Ny Hawayo Takata meninggal dunia pada tahun 1980, meninggalkan 22 orang murid tingkat master.

Dari 22 Master Reiki inilah metode Rei Ki berkembang keseluruh dunia. Kemudian metode Reiki ini dibawa kembali ke Asia dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990 an, dan tidak diketahui siapa yang pertama membawa metode penyembuhan alami ini ke Indonesia. Inilah prinsip yang diajarkan Dr. Mikao Usui dan wajib menjadi pegangan setiap praktisi reiki.

5 Prinsip Ajaran Reiki

Just for today.... do not anger. (Hari ini jangan ada amarah)

Just for today .... do not worry. (hari ini..jangan ada kecemasan)

Honour your parents, teachers and elders. (hormati orangtuamu, gurumu dan yang lebih tua)

Earn your living honestly. (Hiduplah secara jujur)

Give thanks for every living thing (berterima kasih kepada semua mahluk hidup).

Program Guru Pembelajar 2016

Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru...